Periksa TORCH

Hari kamis (28 Feb 2008 )  yang lalu aku ke laboratorium Kimia Farma untuk melakukan pemeriksaan TORCH (TOxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus dan Herpes).

Semua berawal dari pertanyaan-pertanyaan yang sering kudengar dari temen-temen mengenai apakah aku sudah hamil atau belum. Banyak yang bilang kemungkinannya adalah karena aku dan suami terlalu capek sehingga pembuahannya belum berhasil, ada juga yang bilang mungkin perlu tambahan suplemen, dan lain sebagainya.

Sampai suatu hari terbersit di pikiranku untuk periksa TORCH, karena dulu sekali aku pernah baca sebuah artikel yang menyatakan perlunya untuk periksa TORCH bagi yang mau menikah atau yang mau hamil, atau bahkan yang sudah hamil jika belum pernah memeriksakan TORCHnya.

Hasilnya langsung kuperoleh keesokan harinya, walaupun status untuk tes Herpes baru dapat diketahui hari Sabtu pagi.

Di lembar hasil tes laboratorium itu menyatakan bahwa hasil tesku ada beberapa yang positif, tapi aku belum tau artinya apa karena aku harus konsultasi lagi ke dokter ahli kandungan.

Beberapa hasil tes yang positif adalah sebagai berikut:

anti Toxo Ig G : Positif 43.0 IU/mL dengan nilai rujukan positif jika titernya >= 3.0 IU/mL (wah, cukup jauh juga yah…kupikir gitu)

anti CMV (Cytomegalovirus) Ig G: Positif 193.0 AU/mL dengan nilai rujukan positif jika titernya >= 15 AU/mL (wah, ini lebih jauh lagi)

waa..aku penasaran, mau googling saat itu koneksi internet di kantor sedang bermasalah. mau ke dokter ahli kandungan tapi keseluruhan hasilnya belum lengkap… akhirnya aku bertanya ke kenalanku dua orang dokter umum.

Ternyata tanggapan mereka berdua malah membuatku tambah penasaran, karena ada sedikit kesimpangsiuran informasi diatantara mereka. Dokter yang pertama bilang kalau ini permasalahan lumayan serius dan harus segera ditangani (kesannya rada menyeramkan), dokter yang kedua bilang, santai aja, kalau berencana mau hamil, hamil ajah, saya dulu toxo nya lebih banyak, ga apa-apa tuh, Alhamdulillah.

Kesimpulannya aku masih penasaran!!!…. rasanya menunggu senin menjadi sangat lam, hihihi (ga sabar mode on)

2 Responses

  1. Alhamdulillah ya mba.. Semoga snantiasa dimudahkan langkah ke depannya.. Luv u

    Alhamdulillah, Ern, makasih ya untuk kunjungan dan doanya…luv u too

  2. Allo siska darling *wink*
    Lama banget ya kita ga ngobrol. Kangen *big hug*
    Anyway, IgG positif itu artinya dulu kamu pernah terinfeksi virus itu dan tubuhmu sudah punya kekebalan terhadapnya. Klo IgM positif artinya terjadi infeksi akut. Artinya lagi, kamu ga perlu worry. 🙂
    Tapi lebih aman lagi, jika memang merencanakan kehamilan, pastikan kamu sudah imunisasi MMR (Mumps, Measles & Rubela) sebelum hamil. Gitu dek!

    p.s. gabung dong di milis sehat@yahoogroups.com 🙂

    siska said: makasih ya mbak, iya aku baru tau detil tentang pemeriksaan itu setelah konsul ke Ginekolog bberapa hari setelah periksa. Alhamdulillah ga ada yang perlu dikhawatirkan 😉
    wah, siska baru denger ada imunisasi MMR 😀 tar dicari tau lagi ah, thanks dear ukhti.
    Iya nih, kangeeen…dan penasaran pengen kenalan ama aqeela, kayanya jauh lebih imut dari bundanya yah…hehehehe

Leave a Reply

